Ujung Genteng

Ujung Genteng berlokasi di  bagian selatan Jawa Barat, di Kabupaten Sukabumi. Lokasinya menghadap ke Barat, menjadikannya sangat direkomendasikan untuk melihat Matahari tenggelam.

ujung genteng

Saya mengunjungi Ujung Genteng pada tahun 2006, saat itu bersama teman-teman baru dari milis Indonesia Backpacker Club. Berangkat dari  Lapangan Parkir Timur Senayan jam 21.00 sampai di Air terjun Cikaso jam 4.30.

beberapa Lokasi dan atraksi yang patut dilihat adalah:

Curug Cikaso, sebelum menuju curug atau air terjun, pengunjung bisa naik perahu sejauh 50 meter ke lokasi curug. Waktu tahun 2006, masih bisa jalan kaki menuju lokasi air terjun, melewati semak-semak, menyusuri sungai besar. Saat ini kabarnya pengunjung harus naik perahu, mungkin juga supaya ada sedikit tambahan rejeki bagi warga sekitar Curug.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Curug Cikaso

Atraksi lainnya menyaksikan prosesi bertelurnya penyu. Di tahun 2006 saya belum nikah, jadi masih asik aja menyaksikan prosesi Induk Penyu bertelur. Tapi kalau sekarang, lebih baik jangan deh. Kasihan si penyu, sudah berengan sejauh ribuan km untuk bertelur, saat mengedan untuk bertelur, malah jadi tontonan. Bahkan beberapa orang ada yang menaiki tempurungnya.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Menyaksikan Penyu bertelur

Jika waktu memungkinkan, mampirlah ke Hotel Amanda Ratu, di belakang hotel tersebut ada pemandangan yang cukup indah. Di belakang hotel Amanda Ratu adalah muara sungai yang bertemu dengan Samudra Hindia. Banyak karang di sana.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Pemandangan di Amanda Ratu

Di jalan ke arah Hotel Amanda Ratu bisa kita lihat beberapa rumah sederhana milik warga, yang membuat gula merah. Jika beruntung, kita bisa menyaksikan proses pembuatan gula merah dari Aren. Gula merah yang dihasilkan juga di jual lho.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Uap panas dari wajan pembuat Gula Merah

Hal lain yang tak kalah mengasyikkan adalah bermain di pantai. Seperti pantai lain di Selatan Jawa, Ujung genteng juga memiliki pasir putih yang sangat halus dan cukup luas. Pada beberapa lokasi, pantainya sangat landai sehingga berombak kecil, namun di beberapa lokasi, karena merupakan Samudra Hindia, ombaknya cukup besar. sangat layak bagi anda pecinta olah raga surfing.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Pantai depan Home Stay
Home stay tempat menginap
Home stay tempat menginap
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Pemandangan salah satu pantai di Ujung Genteng
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Pemandangan salah satu pantai di Ujung Genteng
Iklan

Tentang Arif

just me.. :)
Pos ini dipublikasikan di Cerita Jalan-jalan dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Ujung Genteng

  1. Ping balik: Catatan Perjalanan Ujung Genteng (3 – 5 Februari 2006) | Arif Hidayat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s