Ekspedisi Cincin Api

Buku ini merupakan kumpulan artikel di Kompas sekitar tahun 2012 yang bercerita tentang hasil penelitian dan penjelajahan wartawan kompas ke Gunung – gunung berapi di Indonesia. Buku dengan sampul Hardcover dan berbentuk Landscape. Kertasnya menggunakan artpaper yang licin, layaknya majalah menjadikannya sangat enak untuk melihat foto-fotonya. Bentuknya yang landscape dan bersampul tabal membuatnya sangat sulit untuk dibaca sambil tiduran atau di kendaraan.

Isinya cukup membuka wawasan soal sejarah, cerita dan dongeng-dongeng dibalik gunung-gunung api dan daratan Indonesia. Indonesia yang berada di atas cincin api dari barat ke timur, serta di atas pertemuan tiga lempeng aktif dunia, menjadikan bumi yang kita pijak ini selalu bergerak.

Gempa bumi dan Gunung Meletus sudah merupakan bagian dari kehidupan bangsa ini sejak Jaman Prasejarah. Hilangnya peradaban-peradaban yang pernah ada di Pantai Barat Sumatra, dongeng tentang Nyai Ratu Kidul di selatan Jawa dan Cerita tentang Smong di Aceh seharusnya menjadikan kita waspada akan bahaya Tsunami yang sewaktu-waktu dapat terjadi lagi di masa mendatang.

Gunung Toba, Tambora dan Krakatau letusannya pernah mengubah peradaban dunia. Abunya konon sampai ke Kutub Utara.

—–belum selesai, kalau ada waktu nanti ditambahin lagi—

Iklan

Tentang Arif

just me.. :)
Pos ini dipublikasikan di Resensi Buku dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s