Saya dan Origami

Origami berasal dua kata yaitu Oru yang berarti melipat dan Kami yang berarti Kerta. Jadi secara harfiah origami berarti melipat kertas. Saya dikenalkan origami oleh bapak saya. Waktu kecil dulu, ayah sering membuat origami berbentuk bangau atau yang biasa dikenal dengan tsuru. Origami tsuru merupakan origami yang paling terkenal di seluruh dunia.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Dahulu, bapak sering bawa kalender bergambar diagram origami, jadilah sejak kecil saya cukup dekat dengan origami. Ketika SD, seperti layaknya anak laki-laki, origami yang sering dibuat adalah bentuk robot dan pesawat, origami kamera juga cukup terkenal saat itu. saya sendiri tidak tahu kalau apa yang saya buat saat itu adalah origami.

UK096

Di SMP dan SMA hingga kuliah, saya tidak bersentuhan sama sekali dengan origami. Baru menyentuh kembali saat aktif menjadi relawan 1001buku, KKS Melati dan Indonesia Membaca. Seringnya saya berinterkasi dengan anak-anak membuat saya harus memiliki satu cara untuk menarik perhatian mereka. Karena saya tak pandai menyanyi apalagi melakukan juggling seperti temen saya avip, jadilah saya tampilkan origami.

Ilmu origami saya semakin berkembang saat bergabung dengan Sanggar Origami Indonesia, dahulu kita selalu berkumpul di sebulan sekali pada Sabtu pagi di Perpus Diknas. Kumpul – kumpul dipimpin para aktifis origami. Salah satu guru saya dalam ber-origami adalah Teh Maya, seorang Pelipat Origami Profesional yang sudah belajar tentang Origami di Jepang. Salah satu kegiatan SOI adalah melakukan promosi tentang kegiatan origami. Saya pernah ikutan membantu sedikit waktu Hari Buku Sedunia tahun 2008 di Perpus Diknas, beritanya bisa dilihat di sini.

Ketika saya kunjungan ke Jepang untuk belajar tentang Carburizing pada tahun 2007, saya sempatkan untuk membeli beberapa buku origami. Sayangnya, buku origami itu sekarang tersebar entah kemana. untungnya, sekarang udah ada google, jadi mau cari apapun tinggal ketik, terus download deh. Ada ribuan tutorial yang ada di dunia maya. masukkan aja kata kuncinya : Diagram Origami atau Origami Diagrams, dijamin langsung keluar beragam bentuk origami. Komunitas Origami Indonesia juga sudah ada di Facebook. Cukup senang melihat berbagai bentuk hasil lipatan yang ditampilkan di sana. Kalau saya, sekarang hanya menikmati foto bentuk origami saja. Tangan-tangan ini sepertinya sudah tidak seluwes dulu untuk melipat kertas menjadi aneka bentuk.

Tentang Arif

just me.. :)
Pos ini dipublikasikan di Cerita hidup ku dan tag , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Saya dan Origami

  1. Ping balik: Origami, Hobby yang Mencerdaskan | Arif Hidayat

Tinggalkan Balasan

