Belajar Bahasa Jepang lewat Gadget

Teknologi telepon genggam sangat berkembang dengan cepat. Diawali hanya untuk menelepon dan mengirim dan menerima sms. Saat ini sudah berkembang telepon pintar yang penuh dengan aplikasi. Setiap orang bisa memilih aplikasi apa yang diinginkan sesuai dengan gaya hidup masing-masing. Salah satu manfaat dari ponsel saat ini adalah sebagai sarana belajar.

Buat yang sedang mempelajari bahasa jepang, ada satu aplikasi yang patut dipertimbangkan untuk diinstall di gadget anda, namanya : Human Japanese. Karena saya hanya menggunakan Android, maka saya hanya tahu link untuk mendownloadnya di sini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.braksoftware.HumanJapanese

05

Harga aplikasi ini di Google play sebesar US$9.99. Bisa bayar lewat google wallet. Sebelum membeli aplikasi ini, ada aplikasi gratisannya kok. Yang gratisan bisa diunduh di sini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.braksoftware.HumanJapaneseLite

Untuk yang gratisan (paket lite) tidak akan mendapat paket lengkap (hanya sampai bab 7). Setelah install ke gadget, sebelum bisa memakai aplikasi, ada materi yang harus di download terlebih dahulu, dan ini cukup besar (sekitar 100 MB).

Untuk menggunakan aplikasi ini, anda harus terlebih dahulu bisa bahasa Inggris, karena pengantar dalam aplikasi ini menggunakan bahasa Inggris. Aplikasi ini cukup menarik karena cukup interaktif. Jadi terasa sedang kursus bahasa jepang privat. Selain ada cara menulis hiragana/katakana secara bertahap, juga ada cara membacanya (diucapkan oleh suara native speaker wanita).

Pada halaman awal terdapat Bab-bab Pembelajaran, selain itu ada juga Kuis yang berguna untuk mengecek kemampuan kita, kamus dan pilihan tampilan.

Terdapat 40 Bab pelajaran bahasa Jepang, yang menurut saya, jika sudah menguasai seluruh bab tersebut, maka sudah cukup untuk sekedar memakainya untuk percakapan sehari-hari. Diawali dengan pengantar bahasa Jepang, pengenalan huruf Hiragana & Katakana (disertai dengan metode penulisan), dilanjutkan dengan pola kalimat, penggunaan kata kerja, pengenalan angka, kata sifat, dan bab-bab khusus yang membahas kata atau kalimat pada situasi tertentu (misalkan makanan, greetings, dalam rumah, dalam restoran, jalan-jalan, dll). Ada pula bab-bab khusus (di luar 40 bab mengenai bahasa) yang membahas soal budaya jepang. Mulai dari kondisi geografis, huruf Kanji, cara mandi di ofuro, dll).

04

03

02

01

Selamat mencoba. Nihon go wa chotto muzukashi desu kara, benkyou shimashou….. ganbatte ne!

all pictures were taken from above link.

Iklan

Tentang Arif

just me.. :)
Pos ini dipublikasikan di Gadget, Review dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s