Perpanjang SIM di MaPolres Jaksel

Tgl 30 November 2013 kemarin saya melakukan proses perpanjang SIM C yang akan kadaluarsa bulan depan. Hasil browsing di google ketemu postingan temen di kaskus: http://www.kaskus.co.id/thread/523154e1bfcb17a614000006/fr–prosedur-perpanjangan-sim-c-di-mobil-samsat-keliling

Awalnya, saya ingin melakukan proses perpanjang SIM di lokasi Perpanjang SIM Keliling di parkir TMP Kalibata seperti postingan link di atas. Namun setelah di perjalanan, kalibata terasa jauh banget dari ciledug, akhirnya saya putuskan untuk perpanjang SIM di mapolres jaksel di daerah blok A, Jakarta selatan.

Berikut ini saya bagi pengalaman perpanjang SIM di Mapolres Jaksel. Untuk proses perpanjang SIM, ada dokumen dan alat tulis yg harus disiapkan, yaitu:

  1. Ballpoint untuk mengisi formulir
  2. SIM asli yg masih berlaku
  3. KTP asli
  4. Fotocopy SIM 2 lembar
  5. Fotocopy KTP 2 Lembar
  6. Uang sebanyak 135.000 rupiah (untuk proses perpanjang SIM C, jika SIM A, mungkin berbeda).

Jika dokumen, uang dan alat tulis sudah siap. Langkah-langkah untuk memperpanjang sim adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan pembayaran proses perpanjangan SIM di Bank BRI sebesar 75.000 rupiah (ada ruangan kecil BRI di dalam kantor mapolsek jaksel).
  2. Saat bayar di BRI, akan diminta perlihatkan KTP & SIM asli serta fotocopynya.
  3. Setelah bayar, akan diberikan formulir & kuitansi pembayaran.
  4. Isilah formulir tersebut.
  5. Setelah mengisi formulir, langkah selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan mata. Di sini diminta bayaran sebesar 30.000 rupiah, namun tanpa diberikan kwitansi, katanya tidak ada kuitansinya. Setelah periksa mata akan diberikan kertas berwarna hijau, yang menyatakan mata kita sehat.
  6. Langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran premi asuransi sebesar 30.000 rupiah di ruang asuransi. Di loket ini kita serahkan fotocopy KTP & SIM masing-masing sebanyak 1 lembar. Petugas loket akan memberikan kwitansi (dengan copy carbonnya) plus kartu asuransi.
  7. Setelah membayar premi asuransi, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran. Saat pendaftaran, akan diminta fotocopy KTP & SIM masing-masing sebanyak 1 lembar, formulir yg sudah diisi setelah bayar di BRI tadi, juga kwitansi pembayaran premi asuransi.
  8. Setelah membayar, akan diberikan kartu nomor pendaftaran SIM.
  9. Setelah dapat kartu nomor pendaftaran, tinggal menunggu untuk dipanggil foto & tanda tangan di depan ruang foto.
  10. Jika nomor antrian sudah dipanggil, masuk ke ruang foto. Di situ ada bangku panjang untuk sekitar 4 orang. Kita akan diminta untuk duduk mengantri sesuai nomor pendaftaran.
  11. Jika sudah gilirannya, petugas akan memverifikasi kebenaran data yang akan ditulis di SIM (alamat rumah, tinggi badan, tanggal lahir). Jika sudah benar semua, akan dilanjutkan dengan tanda tangan dan foto.
  12. Selesai foto, tinggal tunggu panggilan untuk mendapatkan SIM baru, kemarin proses dari foto hingga dipanggil untuk ambil SIM hanya sekitar 5 menit.

Jadi, proses perpanjangan SIM di Mapolksek Jaksel dapat dikatakan lebih cepat dan ada kemajuan dibanding saat saya melakukan perpanjangan pertama tahun 2008.

Satu hal yang masih perlu dikoreksi hanya pada pemeriksaan mata, karena tidak ada kwitansi sehingga kita tidak tahu apakah uang yang diminta merupakan tarif resmi atau bukan?

Iklan

Tentang Arif

just me.. :)
Pos ini dipublikasikan di Berbagi, Pengetahuan dan tag , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Perpanjang SIM di MaPolres Jaksel

  1. awank berkata:

    waduh, ada trit ane d kaskus…jadi :malus

    met milad ya mas Arif, semoga sisa umur nya makin berkah n manfaat…ditunggu kadonya 😉

  2. Makasih ya Mas Arif infonya, bermanfaat banget nih… 😉

    Mampir ya mas ke blog ku : http://grosir123.net (numpang promo dikit ya mas 😉 )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s