Kecetit…

Saya tidak tahu bahasa Indonesia dari kecetit, mungkin agak mirip dengan keseleo. Ada orang yang bilang kecetit itu sama dengan salah urat, salah otot atau keseleo.  Kecetit bukan penyakit, tapi akibatnya bisa fatal, apalagi jika kecetit itu salah urat pada sistem saraf tulang belakang, akibatnya bisa sampai kelumpuhan, seperti yang dialami aktor kawakan Christopher Reeves, yang mengalami kecetit pada sistem saraf tulang belakang dekat leher.

Saya mengalaminya kemarin. Saya tidak tahu penyebabnya, tapi saat itu posisi saya sedang mendorong stroller anak saya di Ace Hardware Puri Indah, tiba-tiba bersin keras, hingga sedikit membungkukkan badan, dan gak lama setelah itu pinggang di dekat tulang ekor terasa sakit sekali. Untuk berdiri saja susah. Setelah peristiwa itu langsung pulang, alhamdulillah masih nyaman mengendarai mobil untuk pulang.

Sampai rumah, telepon tetangga yang kebetulan berprofesi sebagai phisiotherapist. Oleh beliau disarankan untuk mengompres lokasi sakit dengan es, sebagai pengurang rasa sakit sebelum dilakukan terapi pada ke esokan harinya. Alhamdulillah, setelah dikompress dengan Es, rasa nyeri berkurang.

Esoknya saya datang ke klinik yang punya phisiotherapi di Klinik Metro Permata, Karang Tengah, Tangerang, ditemani istri yang ikutan cuti. Di ruang phisioterapi, saya ceritakan kronologis kejadiannya. Saya ditanya “Apakah mengalami kesemutan?”, Saya jawab “tidak”. Lalu sang phisio terapis tersebut bilang “Alhamdulillah, berarti hanya otot yang kaku, kalau kesemutan artinya ada syaraf yang kejepit, biasanya terasa sampai ke tungkai.”

Setelah itu saya diminta tengkurap, lokasi sakit disinari hingga hangat selama beberapa menit, lalu dipijat. Alhamdulillah, rasa sakit berkurang. Salah satu saran dari sang phisio terapis adalah untuk lebih sering berolah raga, minimal untuk relaksasi otot.

Sore hari saya ke dokter untuk periksa, sekaligus minta dibuatkan surat keterangan sakit. Oleh dokter disarankan untuk disuntik anti inflamasi, Alhamdulillah, sekarang sudah tidak sakit lagi, otot sudah bisa digerakkan dengan normal, namun rasa nyeri setelah disuntik masih terasa sampai 2 hari.

Cirebon, 12 Februari 2014

Tentang Arif

just me.. :)
Pos ini dipublikasikan di Cerita hidup ku dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

