Pusing saat Donor Darah

Image

Donor Darah

Alhamdulillah, sejak akhir tahun 2012 saya rutin mendonorkan darah tiap 3 bulan sekali. Setelah rutin berdonor darah, badan jadi lebih enak, hasil tes kesehatan terakhir juga tidak ada yang perlu dikhawatirkan, kecuali nilai trigliserida yang sedikit di atas ambang batas.

Enaknya jadi pendonor darah aktif adalah ada pemeriksaan darah rutin oleh PMI, karena darah kita pasti diperiksa dulu oleh PMI sebelum dipakai, jika ada penyakit, pihak PMI akan langsung menelepon dan mengabarkan hasilnya untuk kemudian biasanya disarankan untuk memeriksa lebih lanjut. Alhamdulillah selama ini gak pernah ditelepon PMI, jadi insya allah sehat terus.

Hanya sekali saya gagal donor tiga bulanan di akhir Desember 2013. Hal ini karena saat terakhir donor di bulan September 2013 sempat hampir pingsan, sehingga ada rasa sedikit traumatis untuk mencoba kembali. Baru pada pertengahan bulan Februari 2014 kemarin saya akhirnya bisa donor lagi. Alhamdulillah..

Saya ingin berbagi sedikit soal pusing saat donor darah, sesuai pengalaman saya saat itu.

  1. Kondisi saat itu saya donor darah sore hari sepulang kerja di Kantor PMI Kota Cirebon di sebelah RS Gunung Jati.
  2. Pagi harinya saya sempat jogging beberapa kilo meter.
  3. Saya tidak menceritakan aktifitas fisik saya sebelumnya, karena pasti diperiksa tensi dan HBnya, ternyata pemeriksaan saya lolos.
  4. Setelah mendonor darah, tiba – tiba badan kepala terasa berat, pandangan mata gelap seperti mau pingsan.
  5. Oleh petugas PMI kemudian diminta berbaring terlebih dahulu, hingga sekitar setengah jam.
  6. Setelah itu diberikan kopi, alhamdulillah setelah minum kopi rasa pusing itu hilang dan saya jadi fit lagi.

Pelajaran yang didapat dari peristiwa ini adalah :

  1. Jika donor darah, pastikan badan kita fit.
  2. Donor darah lebih baik jika dilakukan pagi hari sekitar jam 9-10an saat aktifitas tubuh belum terlalu berat.
  3. Penjelasan dari dokter di PMI saat itu adalah : “Itu sih hal biasa klo donornya malem… Karena badan kita abis digeber seharian jd darahnya encer. Jd pas diambil, kadar O2 di dalam darah berkurang yg berimbas supply O2 ke otak kurang jg, akhirnya jadi pusing deh..”

Alhamdulillah, donor darah kemarin pas ultah kantor yang ke-4 (12 Februari 2014) bisa ikutan, dan gak pusing-pusing lagi. Sekarang siap deh untuk donor darah rutin lagi.

Cirebon, 17 Februari 2014

Tentang Arif

just me.. :)
Pos ini dipublikasikan di Berbagi, Pengetahuan dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

