Tahapan Proses Rekrutmen CPNS

Tahun 2013 kemarin saya pertama kali mengikuti rekrutmen CPNS. Cukup telat sebenarnya, karena saya baru ikut setelah berusia 33 tahun. Well, bisa dibilang, menjadi PNS adalah salah satu cara saya untuk mendekatkan dengan keluarga, jadi gak LDR-an lagi :).

Pengumuman rekrutmen CPNS saya peroleh dari akun twitter milik Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi: @kempanrb, melalui akun ini saya bisa mengetahui semua informasi mengenai lembaga-lembaga/departemen mana saja yang membuka rekrutmen CPNS 2013.

Setelah membuka semua pengumuman, ternyata hanya beberapa lembaga yang saya bisa penuhi persyaratannya. Maklum saja, jurusan kuliah saya Teknik Metalurgi, sebuah Jurusan yang sangat unik yang hanya diperlukan oleh lembaga tertentu. Dari beberapa Lembaga yang membuka Jurusan Metalurgi (Lipi, ESDM, BPPT, kemenprind), saya memilih BPPT. Alasannya, pekerjaan di BPPT yang berbasis riset pasti tidak monoton dan lokasi kerja Serpong dan Thamrin, yang pastinya dekat dengan rumah.

Setelah mengisi form yang ada web rekrutmen, saya kumpulkan semua dokumen-dokumen yang mendukung proses rekrutmen CPNS: Foto Copy Ijazah & Transkrip Nilai yang telah dilegalisir, Foto Copy KTP, SKCK, Surat Keterangan Referensi Kerja, Toefl Score, dll. Dokumen-dokumen tersebut harus disiapkan terlebih dahulu. Beberapa lembaga masih mensyaratkan juga kartu kuning (kartu pencari kerja).

Alhamdulillah, saya lolos seleksi administrasi. Tahapan selanjutnya adalah Tes Kompetensi Dasar. Saat ini di BPPT dan beberapa lembaga tertentu sudah menggunakan CAT (Computer Assisted Test) untuk mengujinya, jadi gak perlu membundari lembar jawaban komputer lagi. Hasil tes juga bisa langsung keluar, tak lama setelah ujian selesai. Materi yang diujikan dalam CAT ini adalah : Pancasila dan Kewarganegaraan, Tes Intelegensi / seperti tes IQ serta tes Bakat/Aptitude Test.

Test berikutnya pada hari yang sama dengan waktu tes TKD adalah psikotest. Isinya seperti tes-tes psikotes lainnnya, yaitu menggambar orang & pohon, pauli, wartegg tes.

Dari Psikotes ke tes berikutnya terasa cukup lama, karena Panitia menunggu pengumuman Passing Grade kelulusan CAT. Kalau tidak salah hingga 2 bulan lebih. Saat pengumuman keluar, alhamdulillah saya lulus passing grade. Sehingga dipanggil ke tahap berikutnya, yaitu tes kemampuan bidang.

TKB di BPPT diselenggarakan dua hari. Hari pertama adalah lanjutan psikotes, sementara hari kedua adalah wawancara dengan user. Berbeda dengan tes sebelumnya yang diselenggarakan di BPPT jalan Thamrin, TKB ini diselenggarakan di Puspiptek Serpong. Alhamdulillah, cukup dekat dari rumah di Ciledug (sekitar 45 menit menggunakan mobil).

Saat wawancara, ternyata kita diwawancara oleh pimpinan bidang-bidang yang ada di BPPT. Pewawancara disesuaikan dengan pengalaman kerja dan latar belakang pendidikan calon cpns. Saat itu saya diwawancara oleh bidang Industri Proses dan Industri Hankam.

Alhamdulillah, saat pengumuman terakhir di akhir Desember 2013, saya diterima di BPPT ditempatkan di Teknologi Industri Proses, langkah selanjutnya adalah Pemberkasan. Pada tahap ini semua dokumen-dokumen yang pernah kita kirim akan diverifikasi. Jadi berkas-berkas yang dahulu sudah kita kirim pada awal proses rekrutmen harus kita siapkan lagi, kali ini ditambah berkas-berkas keluarga seperti Kartu Keluarga, Akte Kelahiran Anak, Copy buku Nikah, dll

Akhir Februari 2014, pengumuman final Rekrutmen CPNS 2013 diumumkan. Alhamdulillah, nama saya masuk dan mulai bekerja sebagai CPNS diawali dengan orientasi tanggal 3-10 Maret 2014.

Tangerang, 17 Maret 2014

Tentang Arif

just me.. :)
Pos ini dipublikasikan di Berbagi, Pengetahuan dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

