Mencairkan Dana JHT di Jamsostek BSD

Karena pindah menjadi PNS, status keanggotaan Jamsostek saya otomatis berakhir. Oleh karena itu kemarin saya cairkan dana JHT yang selama kerja di PJBS dan CPS di Jamsostek terdekat (Jamsostek BSD).

IMGP1742

Perbedaan waktu pelayanan Jamsostek BSD antara Tunai dan Transfer

IMGP1741

Alamat lokasi kantor Jamsostek Cabang BSD

Syarat-syarat mencairkan dana Jamsostek antara lain:

  1. Mencapai usia 55 tahun
  2. Cacat total berdasarkan surat keterangan dokter
  3. Meninggal dunia
  4. Meninggalkan RI dan tidak kembali
  5. Pindah menjadi Pegawai Negeri Sipil atau anggota TNI
  6. Keluar dari Perusahaan dengan masa kepesertaan minimum 5 tahun dan masa tunggu selama 1 bulan (dengan surat keterangan dan bukti-bukti terlampir)
IMGP1738

Persyaratan Dokumen untuk pencairan JHT

Adapun syarat-syarat dokumen yang harus dilampirkan antara lain:

  1. Kartu Jamsostek
  2. KTP
  3. Kartu Keluarga
  4. Surat keterangan Pengalaman Kerja dari Perusahaan saat kita jadi peserta jamsostek (jika ada lebih dari 1 perusahaan, maka harus dilampirkan semuanya).
  5. Surat Keterangan Pendukung sesuai alasan berhenti keanggotan jamsosteknya (SK CPNS/Anggota TNI jika menjadi CPNS/ Anggota TNI, surat keterangan dokter jika Cacat tetap/sakit, Surat meninggal dunia dari pihak terkait jika karena meninggal dunia, dll)
  6. Surat Domisili dari kelurahan jika mencairkan diluar wilayah yang sesuai KTP (misalkan KTP Surabaya namun mencairkan di Jamsostek Serpong)
  7. Copy nomor rekening Buku Tabungan (jika uang pencairan JHT ingin ditransfer)

Semua dokumen di atas harus disiapkan Asli dan Fotokopinya sebanyak 1 lembar. Dokumen asli hanya dilampirkan saja untuk memverifikasi keaslian fotocopynya.

Berdasarkan pengalaman saya kemarin dan 4 tahun lalu, untuk mengurus pencairan JHT di Jamsostek cukup mudah dan cepat, selama dokumen kita lengkap. berikut ini tahapan-tahapannya:

Tahapan pengurusan JHT

Tahapan pengurusan JHT

  1. Saat datang pertama kali, kita akan diminta mengisi Checklist dan menyusun dokumen sesuai check list yang diberikan oleh pak Satpam. Jika ada dokumen yang tidak ada di checklist, sebaiknya segera dilengkapi dulu.
  2. Pisahkan juga dokumen asli dan fotokopi.
  3. Isi form Pencairan dana JHT seperti berikut ini:

    Formulir Pencairan JHT yang harus diisi

    Formulir Pencairan JHT yang harus diisi

  4. Setelah melengkapi semua dokumen dan mengisi form, berikan map yang berisi dokumen tersebut ke Pak Satpam. Pak Satpam akan memberikan nomor urut di dokumen kita, kemarin saya mendapat nomor urut 7 padahal saya datang jam 7.30 (sebelum layanan dibuka).
  5. Menunggu panggilan dari petugas Verifikasi. Jam Layanan di Jamsostek BSD adalah jam 8.30 – 16.30, sehingga saya harus menunggu cukup lama juga untuk menunggu panggilan.
  6. Sekitar jam 9.00 saya dipanggil petugas verifikasi dokumen, alhamdulillah dokumen-dokumen saya sudah lengkap dan sesuai semua. Sebab kemarin saya lihat beberapa orang sebelum saya banyak juga yang ditolak karena dokumen tidak sesuai/tidak lengkap.
  7. Setelah selesai dari petugas verifikasi, saya diminta untuk mengambil antrian untuk menghadap ke petugas verifikasi kedua.
  8. Alhamdulillah tanpa perlu menunggu lama, saya langsung mendapat panggilan. Di sini dokumen kita diperiksa kembali dan ditanyakan juga beberapa pertanyaan untuk memverifikasi bahwa benar saya sendiri yang mencairkan dana tersebut.
  9. Selanjutnya akan difoto oleh petugas, selanjutnya diberi tahukan saldo JHT yang bisa dicairkan.
  10. Selesai difoto, petugas akan mempersilahkan kita menunggu pencairan dana di Bank Bukopin yang ada di dalam ruang yang sama, namun beda meja. karena pencairan JHT saya melalui transfer, akhirnya saya bisa langsung pulang jam 9.30  diminta menunggu transfer, maksimum 7 hari kerja sejak pengajuan.

Tips supaya lancar saat pencairan JHT:

  1. Datang lebih awal, jika memungkinkan sebelum loket buka untuk mendapatkan nomor antrian awal
  2. Lengkapi seluruh dokumen dengan lengkap
  3. Susun dokumen secara rapih sehingga memudahkan proses verifikasi, jika verifikasi mudah, prosesnya akan menjadi lebih cepat.

Tangerang, 25 April 2014

Tentang Arif

just me.. :)
Pos ini dipublikasikan di Berbagi, Pengetahuan dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

47 Balasan ke Mencairkan Dana JHT di Jamsostek BSD

  1. benykla berkata:

    makasih mas arif, selese prajab segera meluncur ke jamsostek…

  2. audry berkata:

    Pindah kemana sekarang kerja lo Lip?

  3. Hendra berkata:

    Mantap…. 🙂

  4. sari berkata:

    Kalo pindah jd pns ada masa tunggunya ga pak?

  5. fajar berkata:

    maaf mas.. katanya untuk pencairan dana jht tsb harus benar2 tidak bekerja lagi ya, maksudnya jika kita tercatat atau terdaftar di database bahwa nama kita bekerja kembali dana tsb tidak bisa dicairkan.. apakah benar seperti itu ya ?

    • Arif berkata:

      Kalau dulu waktu pencairan JHT dari tempat kerja sebelumnya, ada waktu tunggu jadi anggota 5 thn dulu.. lebih baik ditanyakan langsung ke petugasnya, biar jelas.. sekalian diminta tunjukan tulisan peraturannya gimana..

      • Rian Irawan berkata:

        Dana kepersertaan di BPJS hanya dapat dicairkan jika memenuhi syarat:

        1. Masa kepersertaan sudah melewati 5 tahun, dengan masa tunggu 1 bulan

        2. Belum bekerja kembali/terdaftar kembali di BPJS saat akan melakukan pencairan dana. Jadi jika sudah memiliki kartu BPJS dari tempat kerja yang baru, dana di kartu BPJS yang lama tidak dapat dicairkan meskipun sudah lewat masa kepersertaan 5 tahun. Dananya secara otomatis akan digabungkan dengan dana dari kartu BPJS yang baru.

        Apakah peraturan ini benar adanya? karena saya searching banyak kasus yang tidak bisa mencairkan saldo jamsosteknya walaupun kartu lama sudah lewat masa kepersertaan 5 tahun dan sudah bekerja kembali di perusahaan baru dengan kartu jamsostek baru

  6. dafy evan berkata:

    mas,baru saja saya ke kantor bpjs,dan ingin mencairkan jht,saya pnya krtu jht novmber 2008,mau saya cairkan,tp tdk bisa dgn alasan skg saya masih bkerja di perusahaan lain dgn krtu jht baru,apakah itu benar???kn jht yg lama udh ga aktf lg knp ga bisa yaaa???

    • Arif berkata:

      Wah, saya kurang tahu mas.. coba aja ditanyakan lagi, kalau nomor keanggotaannya berbeda dan semua persyaratannya lengkap seharusnya bisa.. maaf saya bukan pegawai jamsostek, jadi kurang tahu juga apa dasar penolakannya. Dulu saya sempat juga mencairkan jht saya setelah saya pindah kerja dan ganti nomor jamsostek.

    • BPPS_kupret berkata:

      Sekarang ada peraturan baru dimana jika msh tercatat aktif sebagai anggota bpjs maka kartu lama yg sudah tutup dan > 5 thn tidak bisa dicairkan. Awal juni 2014 sy juga berencana mencairkan jht yg kartu lama krn sudah genap 5 thn, tetapi ditolak dikarenakan saya msh aktif bekerja di perusahaan baru. Jika seperti ini BPJS memang licik, ada aja akalnya agar dananya tetap mengendap di BPJS, makin parah pelayanan BPJS ketenagakerjaan. justru msh lebih baik dulu JAMSOSTEK

      • Arif berkata:

        Oh.. ada peraturan baru yah?? Berarti mending kartunya disimpen aja, nanti setelah pensiun kan bisa dicairkan.. uangnya berkembang terus kok

  7. Muhammad Hafiz berkata:

    Saya baru diterima cpns DKI. Apakah dengan SK CPNS bisa mencairkan JHT? Apa ada yg punya pengalaman? Karena saya ke bpjs kebon sirih ditolak diminta SK PNS

    • Arif berkata:

      Kemarin di jamsostek bsd saya bisa pakai sk cpns.. tapi kalau pun harus menunggu setahun hingga dapat sk pns, uangnya gak hilang kok masih berkembang terus tuh

  8. Suwardi berkata:

    Ada contoh surat domisili mas?
    Saya masih menggunakan e-KTP daerah, tetapi tinggal dan bekerja di Jakarta. Apakah saya meminta surat domisili ke lurah/RT/RW daerah atau ke lurah/RT/RW Jakarta?
    Makasih mas

  9. indrawally berkata:

    Knp Jamsostek saya tidak bisa cair setelah terdaftar 7tahun dan sudah tidak aktif dikarenakan saya masih terdaftar dgn satu kartu jamsostek yg baru berjalan 2thn?

  10. setiaji berkata:

    saya krj di KI 8 2009..KLUAR 9 2012..dan skrang krja di pt asi..dan membuat krtu jmsostek baru…tdk di gabung saldonya…apakah jht dr pt KI bsa dicairkan?

  11. melfa berkata:

    Hari kamis kemarin saya mengurus pencairan dana JHT,semua berkas sudah diterima oleh pihak BPJS…,pihak BPJS bilang pencairan dananya lewat transfer.dan dananya akan ditransfer hari senin pagi.
    Tapi sampai sekarang dana JHT saya belum juga Masuk ke rekening. Gimana itu ya pa.

  12. Mula berkata:

    Saya baru saja ke BPJS hari ini dan ditolak pencairan JHT karena masih aktif bekerja, saya complain karena tahun lalu saya jg cairkan JHT dr tempat kerja yg lama (no kartu berbeda) dan minta aturan tertulisnya ke CS. Saya dikasih Peraturan Pemerintah RI Nomor 1 Tahun 2009 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja.
    Pertanyaannnya Mengapa tahun lalu saya bisa mencairkan JHT,
    Dengan santainya CS jawab : DULU JAMSOSTEKNYA SALAH PAK MELANGGAR ATURAN, SEKARANG ATURANNYA KITA BENARKAN…
    Saya kaget dengarnya, perusahaan sebesar JAMSOSTEK bisa salah menginterpretasikan aturan, atau cuma akal2an BPJS supaya dana tidak keluar…

    • Jamsostek_Koplak berkata:

      Jamsostek (BPJS Tenagakerjaan) memang begitu. Sebisa mungkin menghimpun data sebanyak-banyaknya dari para pekerja. Giliran mengeluarkan dana di persulit. Masa harus pensiun atau tidak bekerja baru bisa cair. BPJS itu sebaiknya di tiadakan…

  13. nur berkata:

    Ommmm, kalau saya lebih 8 th kerja, tetap harus nunggu 8 th 1 bulan yaa.

    • Arif berkata:

      Wah.. saya kurang tahu pak.. saya cuma share pengalaman aja di sini, bukan karyawan jamsostek.. kalau mau tahu lebih lanjut, silahkan tanya ke jamsostek terdekat

  14. Sugandi berkata:

    Mas mau tanya jika no ktp beda pd saat awal pendaptaran jamsostek gimana ya,
    Bsa tidak untuk di cairkan??

  15. andriana berkata:

    mas arif, kalau kartu keluarga saya hilang bagaimana yaa??

  16. maskur berkata:

    Minta bantuannya dunk.. Saya mau mencairkan dana jamsostek,, dri kerjaan lama sya sudh resign dan skrng sudah 5th 3 bln..pas saya mau mencairkan dana tsbt.. Ternyata saya sudah di dftr kan di perusahaan Yªήğ bru..! Pertannyaanya. Jmsostek di kntr lama bisa diambil dg syrt smpe 5thn ℓɑ̇ğϊ apa bgaimana? Plis ksh jwban
    Tks.

  17. tilarsih berkata:

    maaf mau tanya…
    bisakah di wakilkan utk pengambilan dana jamsostek?
    trims

    • Nur Hidayat berkata:

      Sepertiya tidak bisa mas, kmren aq coba urus jht yg tmpt krja dlu yg sudh 5th lbh 2bln aja g bsa, soaly peraturany di rubah. SELAMA KITA MASIH BEKERJA JHT TIDAK BISA DIAMBIL.

  18. Mariam galoeh berkata:

    Slmt siang mas…
    Saya mau tanya,kalau saya mau mencair jamsostek milik alm swami saya bgmn ya?…,tp kartu jamsosteknya hilang,dan sy sdh minta ke kantor alm swami sy di kasih foto copynya mas.kira” bisa tdk?…,dan dokument apa saja yg harus sy lengkapi sbgai istri dr alm swami.

    • Arif berkata:

      Lebih baik langsung tanyakan ke jamsosteknya aja Mba.. karena saya bukan karyawan jamsostek.. alamat jamsosteknya bisa tanya ke kantor suami mba..

  19. toro berkata:

    Kalo masih CPNS bisa gaq mas

Tinggalkan Balasan

