Prajab

Prajab adalah nama bulan dalam kalender arab yang jatuh dua bulan sebelum Ramadhan. Eh, itu Rajab deng.. Kalo prajab, singkatan dari Pra Jabatan, suatu diklat yang harus diikuti oleh tiap CPNS untuk menghilangkan huruf C pada kata CPNS. Prajab hanya bernilai 2 poin pada butir kerekayasaan, tapi untuk meraih 2 poin itu, kita harus diasramakan selama 3 minggu.

Bersama cpns bppt angkatan 2014 lain, saya akan mengikuti prajab tanggal 28 April – 21 Mei 2014 di Ciawi. Jika membaca daftar peserta yang kemarin ditempel di aula, prajab besok akan diikuti juga oleh instansi lain seperti Perpustakaan Nasional, Bappenas dan Kementan. Alhamdulillah, bisa dapat teman baru. Tambah teman artinya tambah shilaturrahmi dan tambah rejeki. ๐Ÿ™‚

Untuk ikut prajab, ternyata seperti kita ikut ospek jaman kuliah dulu. Mungkin akan seperti pendidikan di Dodik Bela Negara di Rampal, Malang yang pernah saya ikuti tahun 2009 ketika orientasi karyawan PJBS. Sudah terbayang Rambut botak, pendidikan kewiraan, nasionalisme, kewarganegaraan, baris berbaris, upacara & senam setiap hari. Semoga fisik & mental kami kuat menghadapinya.

Barang & perlengkapan yang harus dibawa juga cukup menyita waktu dan biaya. Sebut saja sepatu pantofel dengan hak 2 cm, lencana korpri, kemeja putih polos lengan panjang, celana panjang hitam, pas foto dengan potongan rambut botak setengah centimeter. Belum lagi pakaian dan perlengkapan pribadi untuk dipakai selama 3 minggu di asrama.

Waktu prajab selama 3 minggu kemungkinan dipilih untuk membentuk habit & karakter yang baik bagi tiap cpns atau aparatur negara. Karena berdasarkan riset, dibutuhkan waktu selama 21 hari untuk membentuk kebiasaan baru. Semoga kami semua bisa mengikuti semua kegiatan prajab besok dengan baik, sehingga bisa jadi pns yang baik.

Tangerang, 26 April 2014

Iklan

Tentang Arif

just me.. :)
Pos ini dipublikasikan di Cerita hidup ku dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Prajab

  1. indahnovie berkata:

    selamat menjalankan pra jabatan ya…huhu, saya dah lamaa banget *menengok ke belakang ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s