Mengurus Pajak Mobil di Samsat Ciledug

Tgl 24 Mei 2014, saya mengurus pajak mobil saya di Samsat Ciledug. Lokasinya di jalan Raden Patah, setelah pom bensin sebelah kiri (dari arah perempatan ciledug). Kebetulan pajak mobil saya sudah telat satu bulan, karena seharusnya tanggal 9 April. Berdasarkan pengalaman urus pajak tahun sebelumnya, kali ini saya berangkat lebih pagi, dari rumah jam 7.30, sampai di lokasi jam 8.00, langsung menuju ATM, kebetulan hanya ada 1 ATM Bank BJB, alhamdulillah bisa ambil ATM Bersama.

 20140524_090104 20140524_090040

Setelah dari ATM, saya tanya sama tukang parkir, katanya lebih baik berkas-berkasnya di Fotokopi terlebih dahulu. Lokasi tempat fotokopi ada di belakang gedung SAMSAT. Ada sekitar 3 tukang foto kopi di sana. Berkas-berkas yang perlu difotokopi antara lain:

  • STNK
  • BPKB
  • KTP sesuai STNK

Saya serahkan semua dokumen tersebut kepada tukang foto kopi, lalu di foto kopi langsung menjadi 1 halaman. Selain fotokopi, kita juga perlu membeli map sesuai jenis kendaraan. Waktu itu seinget saya untuk mobil menggunakan map warna merah muda, sementara untuk motor menggunakan map kuning.

Selesai fotokopi, langsung masuk ke dalam gedung, menyerahkan map yang sudah difotokopi tadi ke Loket no.2 di lantai 1, untuk dibuatkan formulir pendaftarannya. Gak perlu menunggu lama, nama saya sudah dipanggil, saya lihat di map saya sudah dilampirkan formulir pendaftaran pembayaran pajak, lalu diminta melanjutkan ke lantai 2.

Di lantai 2, map yang sudah ada form pendaftarannya tadi dikumpulkan di loket selanjutnya. Di loket ini akan dilakukan verifikasi dokumen, jadi setelah dikumpulkan, kemudian akan dipanggil untuk menunjukkan BPKB asli. Pemanggilan di loket ini juga hanya sekitar 5 menit.

Selanjutnya setelah menunjukkan BPKB asli, kita tinggal menunggu panggilan untuk melakukan pembayaran. Antri di sini agak lama sekitar 10 menit, karena biasanya tiap orang akan membayar dan menunggu kembalian. Karena terlambat 1 bulan saya kena denda sebesar 125.000, jadi total pajak kendaraan saya sebesar 1.558.000 rupiah untuk kendaraan 2000 cc tahun 2000.

Setelah itu tinggal menunggu panggilan untuk serah terima STNKnya. Sehingga total waktu proses hanya sekitar 35 menit. Suatu pelayanan yang sangat prima dan cukup transparan di Kota Tangerang.

Ciledug, 4 Juni 2014

Iklan

Tentang Arif

just me.. :)
Pos ini dipublikasikan di Berbagi, Pengetahuan dan tag , , , , , . Tandai permalink.

12 Balasan ke Mengurus Pajak Mobil di Samsat Ciledug

  1. jhon berkata:

    sy mo Tanya bias utk urus perpanjangan SIM C kagk ya?

    • Arif berkata:

      gak bisa mas.kalau urus SIM, kayanya tetap harus ke polres. SAMSAT sesuai namanya “Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap”, cuma untuk urus STNK/BPKB karena ada dua instansi di situ (Pemda dan Polisi)

  2. miko berkata:

    Assalamu’alaikum, saya ijin bertanya Samsat Ciledug Hari sabtu bukan jam berapa dan tutup jam berapa?? Terimakasih

  3. Freddy berkata:

    Sore pak Arif, saya rencana mau perpanjang stnk 5 taon sekalian balik nama , kira2 apa aja dokumen yang hrs disiapkan. Dan apakah bisa di Samsat Ciledug atau di Samsat lain? Thanks

  4. Antari Yulianto berkata:

    siang pak, Saya mau urus STNK tp KTP sdh mutasi dari JKT ke Tangsel. Ap asaja yg harus sy siapkan. Terima kasih

    • Arif berkata:

      maaf mas, saya kurang tahu.. seinget saya tiap wilayah punya samsat masing-masing. Kalau Tangsel, seinget saya ada Samsat di BSD, di Ciledug untuk wilayah kota tangerang. Tapi saya tidak tahu apakah bisa lintas wilayah walau masih satu propinsi.

  5. Anto berkata:

    Mau tanya kang arief… kalo perpanjang STNK DKI bisa di samsat ciledug ga ya….

  6. aldiansyah utama berkata:

    selamat siang pak arif, prosedur penerbitan stnk mobil baru berapa lama yaa pak di samsat ciledug? terima kasih informasinya sebelumnya pak arif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s