Orientasi CPNS BPPT

Tgl 1 Maret 2014, hari pertama saya bergabung dengan BPPT sebagai salah satu CPNS yang diterima pada angkatan 2014. Total CPNS yang masuk sebanyak 232 orang. Pada hari tersebut, kebetulan adalah hari sabtu, ada beberapa kegiatan dalam sehari itu: Pembagian kelompok, Pemberitahuan Tata tertib Orientasi, Pembacaan tugas dan rencana orientasi, Latihan Mars BPPT dan Pengarahan untuk mengisi Talent Mapping yang harus diisi online pada hari minggunya. Hari sabtu itu juga hari terakhir berambut panjang untuk cowo-cowo cpns, karena selepas hari itu hingga bulan Juni, rambut dijamin harus botak 1cm (Akhir April saat rambut sudah agak tumbuh panjang, harus dibotak lagi karena prajab).

CPS_1397

Kelompok T1, Hari Pertama Ketemu, Cowonya masih gondrong

Pembagian kelompok dibuat berdasarkan Tagline BPPT yaitu CIPTA (Creative, Integrity, Profesional, Team Work dan Accountable). Sehingga nama-nama kelompokya terdiri kelompok C,I,P,T dan A, masing-masing 3 kelompok sehingga Total ada 15 Kelompok. Setelah diundi melalui posisi tempat duduk, kebetulan saya mendapat kelompok T1.

Beberapa acara selama orientasi adalah :

  1. Sambutan dan Pengarahan dari Kepala BPPT
  2. Penjelasan tentang Struktur Organisasi BPPT
  3. Penjelasan tentang jabatan Fungsional Perekayasa
  4. Penjelasan singkat tentang penilaian Satuan Kerja Individu
  5. Penjelasan tentang kepangkatan di PNS
  6. Penjelasan tentang Cara baca Talent Mapping
  7. Latihan Upacara dan Baris berbaris
  8. Outbound
  9. Pentas Seni
  10. Kunjungan ke Beberapa Balai-balai yang ada di BPPT
  11. Cerita pengalaman para Peneliti/Perekayasa Berprestasi
  12. Penutupan
BPPT1423

Ceritanya Latihan Upacara

BPPT1412 Acara yang paling seru tentu saja Outbound dan Pentas Seni. Dari Total waktu selama 5 hari (Senin-jumat, Acara di kelas hanya pada senin – selasa, rabu – kamis outbound (rabu – jumat) menginap di wisma tamu), jumat kunjungan balai dan cerita dari karyawan bppt yang berprestasi. Yang lebih seru tentu saja persiapan sebelum outbound, karena kita harus menyiapkan atribut untuk outbound. Panitia sendiri hanya menyediakan slayer dan kaos yang berwarna sesuai dengan kelompok. Sementara peserta diminta menyiapkan bendera kelompok, nametag, dan peralatan lain selama outbound, seperti senter dan perlengkapan pentas seni.

IMGP1436Penjelasan tentang tallent mapping, berupa penjelasan hasil Asesmen Talents Mapping dari seluruh CPNS. Jadi, sebelum orientasi, tiap CPNS diminta mengisi isian talent mapping di suatu website, hasilnya kemudian dibagikan pada hari Selasa, lalu dibahas bagaimana cara membacanya. Adapun fungsi dari talent mapping ini adalah untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan tiap-tiap individu.

IMGP1446 IMGP1455Rabu, hari pertama outbound. Mentor dan pengajar outbound dari konsultan. Seluruh CPNS ramai menggunakan seragam sesuai kelompok masing-masing. Seluruh alat komunikasi dikumpulkan ke panitia, jadi selama 3 hari hingga jumat tidak ada HP.

Tiap kelompok juga dengan penuh semangat meneriakkan yel masing-masing. Dengan kreatifitas seadanya, yel dari kelompok saya yang singkat, padat dan tidak jelas :D. Oh iya, kelompok T1 ini terdiri dari 16 orang dari berbagai unit. Saat outbound kami tidak pernah menyelesaikan setiap kegiatan dengan sempurna, dalam artian selalu gagal mengerjakan misi, walaupun pada beberapa kegiatan cukup nyaris berhasil. Cukup nyaris aja juga sudah untung kok, setidaknya kami tidak jadi juru kunci.

Malam hari setelah outbound ini diisi dengan jalan malam keliling area puspiptek hingga jam 12 malam. Hari kedua Outbound, diawali dengan tidak ngairnya air di wisma tamu.. Saya sendiri saat itu numpang mandi di mesjid puspiptek, jadilah waktu itu dari pagi sampai malam banyak peserta yang tidak mandi..

IMGP1466

Di sela-sela kegiatan Outing, foto-foto dulu

Hari kedua outbound (kamis malam) ada pentas seni, kebetulan kebagian untuk tari saman. Latihan hanya selama 40 menit sehabis ashar, untuk pentas jam 7 malam. Cukup deg-degan juga saat itu, soalnya kita harus pentas di depan Pimpinan BPPT. Total ada sekitar lima tarian yang ditampilkan secara medley dan kolosal. Alhamdulillah berhasil tampil dengan baik, walau banyak kesalahan juga di sana-sini..

 IMGP1468 IMGP1470 IMGP1501 IMGP1504 IMGP1519 Lebih seru lagi saat tiap kelompok harus perform di hadapan pimpinan BPPT. Ada yang nyanyi, ada yang baca puisi, ada pula yang main drama. Kelompok saya waktu itu main drama dengan tema yang paling happening saat itu, banjir jakarta dan hujan buatan. Dengan waktu latihan seadanya, kami tampil seadanya dengan bermodalkan atribut yang hanya disiapkan satu minggu : kardus aqua untuk kamera dan bubble anak saya untuk mensimulasikan hujan buatan, tak lupa juga styrofoam untuk membuat model pesawat. Setelah pentas seni, karaoke bersama, Pak Marzan selaku Kepala BPPT saat itu juga tanpa malu-malu ikut sumbang suara.

IMGP1539Hari jumat, hari terakhir orientasi, berangkat dari wisma tamu langsung menuju Beberapa lokasi balai yang ada di bppt antara lain : B2TKS, BTMP, Meppo dan LAGG. Acara hingga jumatan, lanjut dengan diskusi dengan senior bppt yang berprestasi. Orientasi selesai selepas kita jalan dari Gedung Tekno 2 hingga ke Gedung Manajemen. Alhamdulillah, resmi jadi CPNS BPPT dan dari orientasi ini mulai sedikit mengenal BPPT walau hanya kulitnya saja.

IMGP1552

Ngebakso di Batan indah sebelum pamitan ke Unit masing-masing

 Tangerang, 23 Oktober 2014

Iklan

Tentang Arif

just me.. :)
Pos ini dipublikasikan di Cerita hidup ku, Pengalaman dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Orientasi CPNS BPPT

  1. Ping balik: Tahapan Proses Rekrutmen CPNS | Arif Hidayat

  2. Ping balik: Prajab Angkatan 23 tahun 2014 di PPMKP | Arif Hidayat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s