Pengalaman Belanja “On line” di Lazada

Pertama, saya ucapkan selamat ulang tahun ke tiga untuk Lazada Indonesia. Saya sudah berlangganan belanja di Lazada sejak tahun 2013, barang pertama yang saya beli di sana adalah GPS Papago Z1 seharga 1,3 juta. Setelah yakin dengan layanan dan pengiriman barang yang cukup cepat dan kwalitas barang yang bagus, akhirnya saya cukup sering belanja online di sana. Barang-barang yang saya beli di Lazada antara lain: Kamera Pentax W2, 2 buah mouse optik logitech, tongsis, headset phillips, usb charger. Jika ditotal nilai belanja saya mungkin sekitar 4 juta-an.

Semua kepercayaan saya terhadap Lazada berubah drastis sejak bulan Maret 2015. Tanggal 8 Maret 2015, saya memesan Crocs Huarache Flat Lady Original – Espresso Nomor 6. Namun hingga tulisan ini ditulis tanggal 25 Maret 2015, barangnya tidak juga datang. Baru tadi sekitar jam 11.00 setelah saya mengakhiri “chating” komplain ke Lazada, ada seorang CS dari Lazada yang katanya akan memfollow up dan mengirimkan barang pesanan saya tersebut.

Berikut ini daftar Email masuk dari Lazada sejak tanggal 6 – 18 Maret 2015, Email yang berhubungan dengan pesanan, saya garis bawahi dengan warna biru dan saya bintangkan.

lazada01

Daftar Email dari Lazada di inbox saya, yang saya beri tanda bintang adalah yang berhubungan dengan transaksi hingga tanggal 18 Maret 2015

 Email pertama (tanggal 8 Maret 2015):

konfirmasi pemesanan dengan kode pemesanan nomor 394139222 berupa Crocs Huarache Flat Lady Original – Espresso Nomor 6.

lazada02

Email Pertama, konfirmasi pemesanan

 Email kedua, tanggal 8 Maret 2015

Tentang informasi Lazada memproses pesanan saya.

 lazada03

Email tanggal 9 Maret 2015

Menginformasikan kalau Pesanan sudah dikemas. Setelah menerima email ini saya berarti tinggal menunggu pesanan untuk dikirimkan.

lazada04

Tanggal 12 Maret 2015 jam 19:46,

Saya menerima SMS yang mengaku dari Lazada kalau pesanan saya tidak ada. Setelah menerima sms ini saya menjadi bingung. Padahal pada tanggal 9 Maret saya mendapat email kalau pesanan saya sudah dikemas, artinya barang sudah ada dong?  Karena saya curiga ini sms penipuan, saya tidak membalas sms tersebut dan menunggu keesokan paginya untuk menghubungi CS Lazada. (Karena CS Lazada hanya ada dari jam 9.00 – 20.00, pesan masuk jam 7.45 dan baru saya baca setelah jam 20.30an karena saat pesan masuk, saya sedang mengendarai mobil)

lazada05

Tanggal 13 Maret 2015,

Jam 9 pagi, saya langsung menghubungi CS Lazada.

Setelah menghubungi via telepon, saya mendapat konfirmasi kalau barang sudah siap untuk dikirim dengan JNE dengan nomor resi CGK6P0661183814. Dalam komunikasi via telepon tersebut saya juga menanyakan soal sms yang saya terima malam sebelumnya mengenai barang yang kosong. Namun CS menjawab agar mengabaikan sms tersebut, karena barang sudah siap dikirim.

Berikut ini email yang saya terima tanggal 13 maret 2015 :

lazada06

Tanggal 18 Maret 2015, atau 5 hari sejak saya mendapat email mengenai pengiriman pesanan. Saya lakukan pengecekan nomor Resi yang pada email tanggal 13 Maret 2015 yang dikirim oleh Lazada yaitu : CGK6P01661183814.

Ternyata kode Resi tersebut tidak ditemukan. Berikut tampilannya :

lazada07 lazada08

Setelah itu, saya manfaatkan fasilitas komplain melalui chating di Lazada. Kali ini saya dibuat lebih kesal lagi, karena berdasarkan chat tersebut (data komunikasi di bawah ini), ternyata barang pesanan saya masih dalam proses persiapan dikirimkan oleh supplier? Jadi apa yang sudah dikemas tanggal 9 Maret?? Nomor resinya dapat dari mana?

lazada09

Setelah hampir 2 minggu, akhirnya saya kembali komplain lagi dengan CSnya Lazada pada hari ini tanggal 25 Maret 2015.

lazada10

==========================================================

Berikut ini transkrip Chat tersebut:

RK_Riny: Hai, Selamat datang di Lazada.co.id
Dengan Bapak atau Ibu siapa kami live chat?

Saya: saya arif hidayat

order saya no 394139222, sudah pesan sejak tanggal 8 Maret. hingga kini belum ada kabar statusnya!!

HELLLOOOOOOOO

RK_Riny: Kami akan melakukan pengecekan, mohon ditunggu Bapak Arif

Saya: Tunggunya berapa lama mba??

yang sebelumnya juga suruh nunggu.. sampai akhirnya disconnect sendiri karena kelamaan

RK_Riny: Terima kasih atas kesabarannya menunggu

Baik Bapak Arif untuk saat ini rekan kami sudah mengnindaklanjuti kepada pihak supplier mengenai permasalahan ini

mohon kesediaannya menunggu konfirmasi selanjutnya

jika kami sudah menerima informasi segera mungkin kami akan konfirmasi kepada Bapak melalui email

Saya: wah… itu jawaban yang sama sejak hari jumat lalu mba..

kayanya saya harus tunggu sampai kiamat kah??

jawaban yang sama sejak saya komplain pertama tanggal 13, juga tanggal 19 dan tanggal 20 Maret 2015

dan sampai sekarang JAWABANNYA GAK JELAS!!

boleh tau alamat suppliernya? mungkin saya bisa ambil sendiri ke sana

RK_Riny: Mohon maaf Bapak Arif atas ketidaknyamananya

kerena sesuai dengan prosedur yang ada kami tidak dapat menginformasikan alamat supplier

Saya: Mengapa untuk tunggu jawaban saja butuh waktu sampai 2 Minggu??

suppliernya tinggal di Jayawijaya kah??

saya hanya butuh kepastiannya mba

baragnya kapan datang??

BARANGNYA ADA ATAU TIDAK???

Kalau barangnya gak ada?? tapi kenapa sekarang di Displaynya LAZADA barangnya masih dijual???

RK_Riny: Baik Bapak Arif mohon maaf atas ketidaknyamananya, kami menyesali atas terjadinya hal ini, namun untuk saat ini kami masih menunggu konfirmasi selanjutnya dari pihak supplier

jika kami sudah menerima konfirmasi segera mungkin kami akan konfirmasi kepada Bapak melalui email

Saya: baik.. saya akan tulis soal ini di blog saya, semoga jadi pelajaran buat semua orang. termasuk lazada juga… agar lebih berhati-hati lagi dalam belanja online

 =====================================================

Jika melihat dari cerita saya di atas, dalam hal ini sudah 2 kali saya diberi harapan palsu:

  1. Melalui email tanggal 9 Maret yang bilang kalau barang sudah dikemas.
  2. Email tanggal 13 Maret yang bilang barang sudah siap kirim dengan Nomor Resi JNE yang ternyata tidak dikenal saat dilakukan “tracking” .

Saya masih menanti kepastian kapan pengiriman dari Lazada walau istri saya sudah bilang untuk cancel saja. Saya memilih untuk tetap menunggu, karena kalau membatalkan pemesanan, prosesnya akan lebih ribet lagi. Apalagi sebelumnya Lazada bilang kalau barangnya sudah dikirim.

Saya berkeyakinan, Lazada sebagai perusahaan yang cukup besar di bisnis online pasti akan menjaga nama baiknya. Semoga saja barangnya akan dikirim dalam waktu dekat ini. Karena saya lihat, barang yang saya pesan tetap ada di daftar display, namun dengan harga yang lebih tinggi dari pada saat saya memesan dan membayar.

Pesan saya, jika hendak membeli barang di Lazada, cek dulu supplier barang tersebut. Jika dari Lazada langsung, maka dapat dipercaya, dan biasanya barang akan dikirim dalam waktu 1-2 hari saja (jika anda tinggal di jabotabek). Namun jika Lazada menjual dari pihak ketiga, maka harus lebih hati-hati. Pengalaman saya ini bisa dijadikan catatan tersendiri. Karena kesalahan satu supplier, supplier lain yang bagus langsung terlupakan.

Apapun yang terjadi setelah ini, pastinya akan sulit bagi saya untuk percaya kembali dengan Lazada. Semoga Lazada dapat memperbaiki pelayanannya, saya yakin bukan cuma saya yang mengalami kejadian hal ini. Sudah semestinya ada syarat dan kentuan jika barang yang dipesan belum datang hingga waktu yang dijadwalkan.

Update..
Sore ini sekitar jam 17, dapet email dari Lazada. Intinya permintaan maaf untuk pembatalan pemesanan karena Kendala pada ekspedisinya. Jadi uang pembayarannya akan di refund ke kartu kredit saya dalam waktu 14 hari kerja setelah pembatalan ini. Well, semoga prosesnya lancar jadi saya gak perlu komplain2 lagi.

image

Semoga Lazada bisa ambil pelajaran dari peristiwa ini sehingga tidak terulang lagi di kemudian hari. Supplier2 yg mbalelo mending di”buang” aja.

Tangerang, 25 Maret 2015

Iklan

Tentang Arif

just me.. :)
Pos ini dipublikasikan di Berbagi, Pengetahuan dan tag , , , . Tandai permalink.

25 Balasan ke Pengalaman Belanja “On line” di Lazada

  1. Dimaz Arno berkata:

    Wah parah banget kalo ini mah, cari di tokopedia aja mas, lebih bisa dikontrol pembeliannya. Kalo di kaskus emang pada review jelek buat lazada, meskipun ada juga yang lancar-lancar aja.

  2. Indra berkata:

    sama banget seperti kasus saya.. cuma masalahnya sampai sekarang barang belum diterima dan uang belum dikembalikan

  3. Yahya berkata:

    Jadi kelanjutanya gimana mas, pesanan dikirim atau dana dikembalikan?
    kalo masalah pelayanan belanja saya sudah beberapa kali merasa puas tapi kalo masalah komplain memang lazada sangat berbelit-belit dan bikin capek, seperti kasus saya komplain pengembalian dana pada tgl 14 juli 2015, di proses tanggal 31 Agustus 2015, katanya 3-7 hari jam kerja dana akan kembali tapi nyatanya sampai sekarang tgl 27 Agustus 2015, jangankan dananya landing info/beritnya aja gak ada. Saya mau tanya saat mas Arif nelpon ke CS Lazada ke Nomor yang mana ya? karena saya telp ke lazada/info (02129490200) sibuk terus ke call center komputer yang jawab

    • Arif berkata:

      Sudah diganti mas.. Uangnya dikembalikan

      • Yuanita berkata:

        Wah, saya barang tdk datang uang pun tdk kembali. Yg ada nunggu konfirmasi dulu 1 bln. Tp nihil hasil nya

      • Arif berkata:

        kemaren saya komplain hampir tiap hari, lewat semua media. telpon, email & chatting. plus juga ke FB & twitternya lazada. Alhamdulillah gak lama kemudian ada telpon yang menyatakan pesanan akan dibatalkan dan uang pembayaran akan dikembalikan

  4. Saya sudah sangat sering belanja online di Lazada , sejauh ini belum pernah ada problem

  5. Tama berkata:

    Wah saya jg ada kendala jg nih gan sama lazada…masa order pesanan saya no. 375523926 di statusnya malah sudah diterima pelanggan… Padahal saya terima aja blum, apalagi nama penerima nya Maruto padahal nama saya Resti Pratama, dari tadi setiap saya live chat sama lazada jawaban nya sama seperti mas juga.

  6. fansiskus tunar berkata:

    min minta no telpeon Lazada dong..

    terima kasih

  7. selebriti pria berkata:

    saya pernah belanja di lazada lebih dari 3 kali dan selalu berhasil
    kalo ada kendala , kemungkinan dari suplayer nya yg bermasalah

  8. ygjpn739 berkata:

    Itulah lazada yang bikin pusing 7 keliling hehehe.. thanks mas sharingnya..

    Btw saya jg ada review tentang lazada.. visit goo.gl/DTRhl2

  9. Hery Ardiansyah berkata:

    pesan 4 unit wet suit utk diving di LAZADA pada bulan january 2016, sdh 2 bulan barang ga nyampe, trus sampai batas waktu yg ditentukan tdk jg diterima, aku komplain minta dana dikembalikan, eh.. malah di kasih voucher..aku ga mau voucher, aku cm mau uangku kembali utk brg-brg yg tdk aku terima..sampai detik ini, tgl 15 April 2016, uangku belum jg diterima..padahal katanya setelah isi form pengembalian dana, 1-7 hari danaku sdh kembali..bullshit LAZADA..i want my money back..!!

  10. choriamanah berkata:

    Wah, apa yang SMS pertama ke bapak bilang kalau warna putih tidak ada itu sebenernya suppliernya ya?

  11. Buditabudi berkata:

    Itu yg sms bukan penipu.dia suplier di lazada.saya pernah kejadian spt itu setelah saya tlfn no yg sms ternyata dia cuma mau konfirmasi warna barang pesanan.soalnya barang yang di pesan kosong.

  12. Adna berkata:

    saya sudah sering belanja di Lazada namun karena suka lupa password jadi sering ganti akun. Kalau pas belanja pertama di Lazada itu memang selalu memuaskan entah ngirimnya yang cepat atau ada diskon besar2an tapi semakin kebelakang bakal semakin berkurang kualitasnya entah packingnya yang makin buruk, barangnya pecah, proses retur yang susah. Tapi baru kali ini saya kecewa berat belanja di Lazada. Kasusnya mirip dengan Saudara.

    Saya pesan barang sudah lebih dari seminggu tiba2 dibatalin sepihak dari sananya katanya barang tidak dijual di Jakarta padahal tidak ada keterangan seperti itu sama sekali di halaman produknya dan anehnya butuh waktu selama itu cuma buat ngebatalin pesanan saya yang seandainya dilakukan Lazada lebih cepat (maks 3 hari dari waktu saya pesan)ga bakal bikin saya sekecewa ini. Dan setelah saya lapor cuma dikasih permintaan maaf bahkan mengganti keterangan di halaman produk pun tidak dilakukan pihak Lazada. Sebaiknya memang belanja offline saja yang lebih pasti barang dan kualitasnya.

  13. Mahmud berkata:

    Mas mau nanya apakah lazada menerima sistem droship dg nama os q lgsg ke custq.? Di paketan apakah ditulis nota penjualan dr lazada?
    Makasi atas informasinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s