Kenapa AS disebut negara Paman Sam?

Kenapa AS disebut sebagai negara Paman Sam? Kenapa saya menulis soal ini? hehehe.. ini karena saya inget kalo saya prajab setahun kemaren, dan salah satu widyaiswara saat prajab menceritakan soal ini.

Jadi, begini…

menurut widyaiswara saat itu, sebenernya Uncle Sam adalah singkatan dari US. mungkin untuk kode saat perang. Jadi sebenernya jika dialih bahasakan ke Bahasa Indonesia, seharusnya Amerika Serikat atau US disebut sebagai Uwak Sam, karena kalau disebut sebagai Paman Sam, maka nama negaranya menjadi Pamerika Serikat.

Selanjutnya saya google.. berdasarkan penuturan mbah google yang merujuk pada artikel di wikipedia, ternyata Sam merujuk pada nama Samuel Wilson. Siapakah Samuel Wilson? silahkan baca juga di wikipedia. Kalau menurut link tersebut, tertulis bahwa Paman Samuel ini adalah pemilik perusahaan pengepakan daging asal Troy, NY. Saat perang dunia pertama, ada bungkus daging tertulis EA – US (Elbert Anderson, United States). Secara kebetulan para tentara di daerah Greenbush adalah tentara yang berasal dari Troy, dan mereka menduga kalau Daging tersebut dibungkus oleh Uncle Sam, nama panggilan Uncle Sam. Sebagian tentara penerima daging kemudian membacanya US sebagai Uncle Sam. karena mereka menduga kalau daging tersebut dibungkus oleh Samuel Wilson. Selanjutnya karena hampir semua properti tentara bertuliskan US, maka nama US pun kemudian identik dengan sebutan uncle sam.

Nama Uncle Sam menjadi populer ketika perang dunia I dan Amerika memanggil anak muda untuk ikut perang. Salah satu karakter yang dibuat adalah gambar Uncle Sam di bawah ini, selanjutnya nama Uncle Sam selalu diidentikkan dengan US.

Unclesamwantyou

gambar diperoleh dari sini.

Tangerang, 30 April 2015

Iklan

Tentang Arif

just me.. :)
Pos ini dipublikasikan di Pengetahuan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s