Prajab Angkatan 23 tahun 2014 di PPMKP

Prajabatan atau biasa disingkat Prajab, kegiatan yang wajib dilakukan oleh semua CPNS supaya bisa menghilangkan huruf C di depan singkatan CPNS. Prajab tahun 2014 konon merupakan prajab terakhir yang diselenggarakan selama kurang lebih 1 bulan. Setelah tahun 2014, sudah diterapkanundang-undang ASN yang baru, yang kabarnya kegiatan prajab kembali berlangsung selama tiga bulan.

Setelah diangkat jadi CPNS BPPT dan ikutan orientasi Pegawai BPPT selama seminggu di awal Maret 2014. Saya baru ikut Prajab tanggal 28 April – 21 Mei 2014. Kata para senior lumayan cepat, karena hanya berselang waktu sekitar 2 bulan dari TMT masuk kerja sebagai CPNS. Prajab yang saya ikuti diselenggarakan di PPMKP apa kepanjangan PPMKP, saya sendiri agak-agak lupa. Seinget saya : Pusat Pendidikan Manajemen dan Kepemimpinan Kementrian Pertanian.

IMGP1856

Mungkin karena jumlah CPNS yang diterima di BPPT tahun 2014 tidak terlalu banyak, sehingga Prajab yang saya ikuti bergabung dengan instansi lain, yaitu : Bappenas, Basarnas, Perpustakaan Nasional, ANRI, Komisi Yudisial dan Kemenkokesra. Dari semua LPNK itu, BPPT menyumbang jumlah CPNS terbanyak, yaitu sekitar 200 orang.

Di PPMKP seluruh peserta prajab dibagi berdasarkan wilayah Asrama (Bumi, Tirta dan Surya). Kemudian tiap Asrama terbagi lagi menjadi beberapa angkatan (Kelas). Tiap angkatan terdiri atas sekitar 40 orang dari berbagai instansi LPNK. Saya kebetulan tergabung di Angkatan 23.

Berangkat bersama-sama dari Serpong jam 8 pagi. Sudah dalam keadaan rambut botak plontos, kemeja putih plus dasi  hitam, pin emas korpri, ditambah lagi dengan sepatu pantofel yang ada haknya. Tapi begitu sampe di lokasi ternyata liat rekan-rekan dari instansi lain masih pakai baju bebas.. XD

IMGP1761

Dateng ke Asrama bumi, begitu masuk lobby sudah terlihat beberapa meja sesuai angkatan masing-masing. Di meja-meja tersebut ternyata menjadi tempat untuk peserta absen, ambil buku diklat, kunci kamar, tas berisi perlengkapan mandi dan sandal hotel. Buku diklatnya lumayan banyak dengan warna yang monoton : Hijau. Ada juga sih yang biru beberapa biji. Satu kamar terdiri dari 3 orang, ada juga kamar yang cukup besar yang terdiri dari 3 orang. Kebetulan saya sekamar dengan Lutfi dari Perpusnas dan Faiz dari BPPT juga.

IMGP3010 IMGP2265

Hari pertama, langsung dikumpulin di Aula untuk latihan upacara pembukaan dan pemilihan petugas untuk upacara pembukaan. Di Aula ini juga dibacain peraturan dan tata tertib selama Prajab. Di awal pertemuan ini juga pertama kali saya mendengar Mars Korpri dan Mars Diklat Prajabatan. Sambil diwanti-wanti sama Pak Oni untuk harus hapal. Sampai hari ini, setahun setelah kejadian di sana, masih terngiang-ngiang ucapannya : “Jadi Ciri.. Jati diri… tu-dua..” dan “Korpri… maju terus”.

Hari pertama pelaksanaan prajab, setelah pembukaan.. pertama kali masuk kelas, pakai kaos bebas. Di pertemuan pertama ini belum terlihat temen-temen dari Bappenas. Di kelas pertama ini dengan duduk melingkar, tiap orang memperkenalkan diri. Orang pertama adalah Widyaiswara (saya lupa namanya). orang sebelahnya kemudian menyebut nama Orang pertama, tempat lahir dan status  (contoh : Arif, Jakarta 1-1 (menikah dengan 1 anak)) begitu seterusnya.. Di sini kita semua langsung ketawa aja melihat nasib orang terakhir yang harus menyebutkan nama, tempat lahir dan status semua yang ada di kelas :D. Tapi alhamdulillah, berkat perkenalan yang model begini kita bisa saling kenal hanya dalam waktu yang singkat.

IMGP2117  IMGP1993 IMGP1985 IMGP1996

Oh iya, Selama di prajab bisa juga disebut sebagai penggemukan badan. Gimana nggak dari Jadwal kegiatan hariannya seperti ini : Sholat Subuh, Lanjut Senam Pagi bersama, lalu Sarapan. Setelah itu Apel Pagi, Masuk kelas sampai jam 10.00, coffee break makan snack, lanjut kelas sampai jam 12.00 setelah itu kembali Apel sebelum makan siang. setelah sholat dzuhur dilanjutkan masuk kelas lagi hingga jam 3 sore. Jam 15.00 – 15.30 break lagi untuk snack sore. Setelah itu masuk kelas untuk belajar sampai jam 17.30. Jam 18.00 apel sebelum makan malam. Selanjutnya masuk ke kelas lagi untuk belajar sendiri. Lalu jam 20.00 apel malam selama 30 menit. setelah apel malam kembali masuk kelas, namun sebelum itu ada snack malam. jam 22.00 kembali ke kamar masing-masing. Setiap kegiatan selalu ditandai dengan bunyi sirene Toa dari panitia..

Berikut ini materi yang diajarkan selama Diklat Prajabatan 2014:

  • Dinamika Kelompok
  • Pola Pikir (Mind Setting) Pegawai Negeri Sipil
  • Sistem Penyelenggaraan Pemerintahan NKRI
  • Kepemerintahan yang Baik
  • Manajemen Kepegawaian Negara
  • Etika Organisasi Pemerintah
  • Pelayanan Prima
  • Budaya Kerja Organisasi Pemerintah
  • Percepatan Pemberantasan Korupsi
  • Manajemen Perkantoran Modern
  • Membangun Kerjasama Tim (Team Building)
  • Komunikasi yang Efektif
  • Wawasan Kebangsaan dalam Kerangka NKRI
  • Program Ko-Kurikuler
    – Latihan Kesegaran Jasmani
    – Baris Berbaris
    – Tata Upacara Sipil
    – Pengarahan Program
    – Ceramah Kesehatan Mental
    – Ceramah Umum/Muatan Teknis Substantif Lembaga

IMGP2235 IMGP2280 IMGP2231 IMGP2334 IMGP2504IMGP2225

Setiap hari ada petugas piket yang ditugaskan sebagai pembantu panitia prajab. petugas piket tiap kelompok dibedakan dengan warna slayer yang berbeda-beda. untuk angkatan 23 warnanya adalah pink :D. petugas piket ini yang nantinya akan jadi petugas apel dan petugas absensi dan sebagai seksi sibuk selama sehari dari mulai bangunin peserta, nyiapin ruang makan, nyiapin kelas, sampai urusan catet-mencatet keaktifan peserta seangkatan.

Hari pertama juga ada pembentukan pengurus angkatan. untuk angkatan 23 terpilih Shoim sebagai Ketua Angatan, Dinda sebagai Sekretaris dan Susi sebagai Bendahara.. selain itu ada juga pengurus lain yang saya lupa 😀

DSC01191 DSC01213 DSC01464 DSC01508 DSC01588 DSC01707

Ada banyak keseruan dan kesan selama Prajab. kalau disebutkan semua pastinya blog ini gak akan muat. Beberapa di antaranya :

  • Latihan poco-poco yang nantinya dinilai di hari terakhir
  • Latihan baris-berbaris
  • Latihan Upacara
  • Bikin Yel angkatan
  • Hapalin lagu Mars Korpri dan Mars Diklat Prajabatan untuk lomba Paduan Suara
  • Nulis kebetan lagu mars korpri dan mars diklat prajab di balik nametag
  • Diskusi di kelas sambil ngopi & ngemil snack dari panitia
  • Lari-lari keliling asrama tiap pagi, walaupun pada kenyataannya lebih banyak yang jalan dibanding yang lari
  • Bikin jembatan dari kertas, benang, sedotan kemudian diuji kekuatannya pakai tumpukan batu bata
  • Bikin mading angkatan sampe malem-malem, besoknya diomelin se asrama karena ada yang gak beberes kelas
  • Mencari ubi rebus di meja angkatan lain (Saya gak tau apakah karena di Ciawi cuma ada ubi atau memang request rekan kami sehingga harus mengganti nasi dengan ubi setiap acara makan, padahal seinget saya request teman saya itu selain nasi sebagai pengganti karbohidrat, kan bisa diganti kentang, jagung, singkong, dll :D)
  • Bikinin pertanyaan buat temen yang kurang aktif, supaya semua punya poin yang sama
  • Bikin rangkuman semua mata pelajaran di kertas Polio dengan minimal 2 halaman
  • Bikin puisi sekalianmendeklamasikan dengan gaya masing-masing
  • Nangis bareng waktu diputerin film korea atau film2 melow
  • Karaoke bareng widyaiswara di kelas buat ngilangin ngantuk
  • Jalan-jalan waktu libur –> biasanya ngemol ke Elos atau sekedar makan bakso Seseupan atau ke pehade karena bosen makanan asrama.

IMGP2353 IMGP2117 IMGP2089 IMGP1952 IMGP1931 IMGP1848 IMGP1826 IMGP1791 IMGP1815 IMGP1790 IMGP1823 IMGP1874 IMGP1850 IMGP1880 IMGP1920 IMGP1921SONY DSCSONY DSCIMGP2447SONY DSC

Yel-yel angkatan 23 bisa diliat di https://youtu.be/yOE8V7Um064 atau di https://youtu.be/0oKtWkdw8Qw.

Sementara untuk Mars Prajab bisa lihat di https://youtu.be/RF3nY4d4e1U, lalu mars korpri di https://youtu.be/2Xo7yj4AGPw.

untuk yang pengen liat paduan suara komplek bumi nyanyiin lagu indonesia pusaka 2 stanza bisa liat di https://youtu.be/KiGgRA9oxgI

Mading Angkatan 23 :

DSC01218

Well, yang jelas tanpa prajab, gak akan ada pengangkatan PNS. Pengalaman di Prajab pastinya meninggalkan kesan yang berbeda-beda bagi masing-masing individu. Yang jelas hampir sebulan di asrama dan berkativitas bersama membuat kita bisa saling mengenal dan nambah sodara.

Terima kasih buat rekan-rekan seangkatan 23, mohon maaf kalau ada salah2 kata di tulisan di atas…

Buat seluruh anggota angkatan 23 : Yuni, Ghesa, Mita, Tinus, Yoseph, Wenny, Mbay, Topan, Bhima, Onye, Ardhi, Anies, Diah, mba Nurul, bang Jekki, El, Farida, Rudy, Susi, Heri, Faisal, Wawan, Soim, Handhi, Mega, Tino, Maje, Dion, Bralin, Nisa, Beny, Dinda, Reza, Akim, Lesti, Freddy, Nailul dan dua orang yang tak boleh disebut namanya berinisial H dan R.

Semoga sukses semua di Instansi masing-masing…

Tangerang, 13 Mei 2015

Iklan

Tentang Arif

just me.. :)
Pos ini dipublikasikan di Cerita hidup ku dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s