Mobil Hybrid

Pagi ini di Auditorium tempat saya bekerja ada Sosilasasi mengenai Kendaraan Hybrid dari Toyota. Seiring dengan perkembangan harga dan ketersediaan bahan bakar minyak, pabrikan otomotif juga ikut terpanggil untuk mengurangi penggunaan BBM. Selain karena harga BBM yang semakin tinggi, juga karena ikut bertanggung jawab terhadap pemanasan global, karena CO2 yang dilepaskan oleh kendaraan bahan bakar fosil.

Menurut presentasi dari Toyota tadi pagi, Teknologi menggunakan motor listrik sebagai penggerak kendaraan merupakan teknologi yang sudah dikembangkan sejak lama. Awalnya pada abad 19 oleh Pabrikan Porche. Toyota sendiri mengembangkannya sejak tahun 1964 dan menelurkan Produk pertama tahun 1996 dengan kehadiran Prius generasi Pertama.

Teknologi Motor listrik pada kendaraan sendiri ada 3 jenis :

  1. Electronic Vehicle (EV), hanya menggunakan baterai dan motor listrik untuk menggerakan kendaraan. Seperti yang digunakan pada teknologi Miev yang dikembangkan Mitsubishi. Atau pada kendaraan forklift/mobil pembersih yang menggunakan baterai  (banyak digunakan di supermarket).
  2. Hybrid Vehicle, menggunakan baterai dan bbm sebagai sumber energi. Dimana penggunaan BBM hanya digunakan pada saat tertentu, sehingga BBM yang dipakai akan lebih hemat. BBM juga digunakan sebagai penghasil listrik yang kemudian disimpan di baterai. Listrik yang dihasilkan dari BBM didapat saat mobil melakukan pengereman atau saat kondisi macet.
  3. Plug in Hybrid Vehicle, menggunakan listrik yang diambil dari luar (selain menggunakan juga bbm sebagai penggerak tambahan). berbeda dengan kendaraan listrik tipe nomor 2, listrik pada tipe ini dapat diambil dari luar, sehingga tidak hanya mengandalkan bahan bakar minyak sebagai penghasil listrik.

Ke depannya, teknologi yang paling dikembangkan adalah teknologi Fuel cell ditambah baterai, sehingga tidak lagi mengandalkan BBM. emisi dari fuel cell hanya berupa H2O atau air.

Tangerang,  18 Mei 2015

Iklan

Tentang Arif

just me.. :)
Pos ini dipublikasikan di Pengetahuan dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s