Origami, Hobby yang Mencerdaskan

Tulisan ini pernah saya posting di Kompasiana, namun blog di sana sudah tak terurus, passwordnya saja saya lupa :D. Jadi saya posting lagi di sini. Saya juga pernah menulis sedikit tentang hubungan saya dengan origami di sini.

==============================================================

Origami, kata yang sering dikaitkan dengan budaya Jepang. Padahal asal origami konon katanya berasal dari Cina. kata origami sendiri berasal dari kata Oru dan Kami, oru artinya melipat sedangkan kami berarti kertas, sehingga dapat diartikan melipat kertas.

Di Indonesia, origami biasanya diajarkan di taman kanak-kanak, hingga SD. Namun pengajaran yang sering diberikan hanya berupa pengajaran langsung, tanpa disertai diagram origami, sehingga siswa belajar biasanya hanya menguasai model-model yang diajarkan oleh gurunya.  Padahal apabila diajarkan cara membaca diagram origami, tentulah akan banyak manfaatnya bagi si anak.

Beberapa manfaat origami bagi anak seperti telah ditulis oleh Ismayanti (2005) dalam situs http://www.sanggar-origami.com berjudul “Origami dan Anak” di antaranya: anak belajar meniru/mengikuti arahan, membaca diagram/gambar petunjuk, belajar kreativitas, berkarya/membuat model, berimajinasi, kerapihan/ketelitian, ketekunan, berpikir matematis dan perbandingan (proporsi), membuat mainannya sendiri yang murah dan lain sebagainya. Origami juga dapat menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri, karena selain membaca diagram, juga harus dapat mengimajinasikan bentuk yang akan dibuat nantinya.

Di negeri sakura, origami diajarkan sebagai salah satu ekstra kurikuler, dan sudah menjadi budaya di sana untuk memberikan model-model tertentu sebagai lambang perasaan. misalnya model bangau sebagai lambang kasih sayang, model kura-kura sebagai lambang panjang umur.

Saya menyukai origami karena bentuknya yang detail membuat penasaran untuk membentuknya. Origami yang saya suka adalah model Polygon. Dulu biasanya saya bermain origami saat waktu luang menunggu sesuatu atau di perjalanan, saat itu di dalam tas selalu tersedia kertas-kertas origami yang siap untuk dilipat menjadi bentuk-bentuk baru.

Berikut ini beberapa bentuk origami yang pernah saya buat, beberapa masih ingat cara melipatnya, namun sebagian besar sudah lupa. Untuk membuatnya lagi harus melihat diagramnya :

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bentuk Anjing

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bentuk Gajah

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kotak

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kubus

kumbang kertas

Kecoa atau Kumbang

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Love Box

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kubus

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kotak Hexagon

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Tempat telur

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kupu – kupu dua warna

Tentang Arif

just me.. :)
Pos ini dipublikasikan di Menurut Saya dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

