Bisakah Bencana Alam Diprediksi?

Tinggal di Indonesia yang berada pada pertemuan tiga lempeng samudra, serta ditambah dengan gugusan gunung api membuat gempa bumi selalu menjadi berita rutin. Gempa vulkanis dan tektonis selalu terjadi hampir setiap hari. Jangan lupakan juga, bahwa beberapa gempa bumi terdahsyat di muka bumi pernah terjadi di Indonesia, salah satunya Tsunami Aceh tahun 2004. Lempeng samudra selalu bergerak, ketika terjadi tumbukan, brak!! gempa terjadi. Menurut pakar seismologist, setiap tahun terjadi 500.000 gempa terdeteksi, 100.000 diantaranya bisa dirasakan oleh manusia, sekitar ratusan diantaranya bisa menyebabkan kerusakan.

Sementara gempa vulkanis selalu mengiringi keaktifan Gunung Berapi. Jika kita melihat website Badan Geologi di http://www.vsi.esdm.go.id/, terlihat bahwa lebih dari 10 gunung api di Indonesia berada di atas normal. Artinya setiap hari kita selalu dalam tahap waspada terhadap bencana alam.

Pertanyaannya? bisakah Gempa tersebut diprediksi, sehingga bisa mengurangi korban jiwa dan kerusakannya. Hingga saat ini para peneliti masih mencari cara bagaimana caranya agar gempa dapat diprediksi. Jika bencana alam akibat badai atau banjir dapat diprediksi dari pergerakan awan dan angin, bencana gunung meletus, biasanya dapat diprediksi karena keaktifan gunung berapi biasanya manaik perlahan (kecuali pada beberapa gunung api yang cukup reaktif seperti gunung Kelud), bencana gempa bumi tidak dapat diprediksi. Saat ini hanya dapat diketahui lokasi-lokasi yang kemungkinan AKAN atau berpotensi terjadi gempa bumi berdasarkan jejak-jejak geologi masa lalu.

Salah satu yang saat ini diteliti adalah mengenai mitos hewan dapat mengetahui akan terjadinya gempa. Banyak saksi mata yang melihat bagaimana burung-burung berterbangan dan banyak hewan yang gelisah berlarian. Atau berita tentang hilangnya ratusan anjing sebelum terjadinya gempa bumi di San Fransisco tahun 1988. Sampai saat ini belum ada kesimpulan yang didapat dari penyebab perubahan perilaku hewan sebelum terjadinya gempa bumi. Wallahua’lam…

Referensi :

Tangerang, 3 Maret 2016

Iklan

Tentang Arif

just me.. :)
Pos ini dipublikasikan di Menurut Saya, Pengetahuan dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s