Pabrik Peralatan Laboratorium di Bandung

Salah satu kegiatan di kantor adalah mengunjungi industri. Kegiatan dilakukan di Lokasi Perusahaan Pembuat Peralatan laboratorium CV. Ruchi. Kalau mahasiswa atau kelas IPA, pasti mengenal peralatan titrasi, labu elemeiyer, gelas ukur, dll. Ternyata di Bandung ada Pabriknya lho. Dan pabrik ini sudah berdiri sejak jaman belanda. Pemilik pabrik meneruskan perusahaan yang didirikan Ayahnya. Ayahnya dulu bahkan menyekolahkan beliau ke Belanda, untuk menguasai teknologi pembentukan kaca.

Berikut ini beberapa Catatan hasil kunjungan tersebut :

  1. CV Ruchi adalah perusahaan industri kecil yg memproduksi peralatan laboratorium dari kaca. CV ini beralamat di J Gagak No.37-39, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40134.
  1. Produk yang dihasilkan dari Perusahaan CV Ruchi adalah berbagai macam glassware untuk perlengkapan laboratorium. Contoh dari produknya bisa dilihat pada gambar di bawah ini:
lab01

Aneka macam produk dari CV Ruchi

3.  Urutan proses:

  • Pemilihan material dari tabung kaca, menyesuaikan spesifikasi barang yang akan dibuat.
  • Proses pembentukan sesuai dengan desain barang dengan cara memanaskan memanaskan, kemudian dilakukan peniupan secara manual, sambil dilakukan pembentukan saat kaca berwarna merah.
  • Proses annealing (dipanaskan 500 derajat celsius, kemudian didinginkan perlahan di dalam oven) untuk menghilangkan tegangan sisa akibat proses pembentukan
  • Pemberian label ukuran
  • Proses kalibrasi di indokal (Tidak semua produk dikalibrasi, kalibrasi hanya dilakukan jika pemesan meminta untuk melakukannya).
lab02

Pipa kaca sebagai material awal

  1. Peralatan yang digunakan:
    • Mesin pembentukan kaca (mirip dengan mesin bubut, namun memiliki jig pemutar pada kedua sisi kanan dan kiri
    • Torch/busur api yg tersambung dengan tabung Gas pemanas (asetilene seperti untuk pengelasan)
    • Pipa peniup
    • Jig untuk membentuk yg terbuat dari grafit ( tahan terhadap temperatur hingga 1500 derajat celcius dan tidak bereaksi dengan kaca)
lab03

Proses Pembentukan dengan cara memanaskan Kaca sambil dilakukan pembentukan dengan menggunakan Jig.

  1. Bahan kaca yang umum dan sering digunakan adalah dengan bahan dari material Borosilicate, material ini digunakan untuk membuat tabung kaca yg tahan terhadap temperatur antara 300-1000 derajat, jika lebih dari itu maka digunakan material dari Quartz (kwarsa).
  1. CV Ruchi memiliki kemampuan untuk membuat kaca dengan dimensi maksimum diameter 200 mm dan panjang 1500 mm. Waktu proses sekitar 1-3 bulan tergantung desain dan ketersediaan material.
  1. Sumber material didatangkan impor dari luar negeri antara lain dari Eropa, Jepang dan Cina (Pemilihan material tergantung pada permintaan konsumen).

Tangerang, 25 Maret 2016

Iklan

Tentang Arif

just me.. :)
Pos ini dipublikasikan di Berbagi, Pengalaman, Pengetahuan dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s