Ekstraksi Kekinian.

Baca2 jurnal biar update perkembangan teknologi terkini.. Lg asik baca2 soal ekstraksi Silikon (Si). Kebutuhan Si di beberapa tahun ke depan bakal booming, karena pemanfaatannya untuk sel surya, alternatif pengganti karbon untuk anoda baterai & tentu saja kebutuhan untuk material elektronik (makanya ada sebutan silicon valley).

Silika diekstraksi dari batuan, tapi biayanya sangat mahal, terlebih untuk aplikasi2 teknologi canggih yg menuntut kemurnian material tingkat tinggi. Yg bikin wow adalah bahwa Silika ternyata banyak terkandung dari tanaman. Dan beberapa pusat penelitian di beberapa negara ud terbukti bisa dapetin Silika dari tanaman (walau masih skala lab/prototype). Beberapa bahan tanaman tersebut antara lain ada yg ambil dari sekam padi, ada juga yg ambil dari Serbuk gergaji. Dari ketiga negara tersebut hasil ekstraksi silika ini langsung diaplikasikan (baik sebagai mesoporous materials ataupun sebagai anoda pada baterai lithium).

Dimana posisi indonesia? Kalau berdasarkan googling, sudah ada mahasiswa dari Universitas Mulawarman yg mencoba ekstraksi silika dari abu pembakaran cangkang sawit, atau di IPB & ITS meneliti dari sekam padi.. hasilnya juga lumayan tinggi, walau mungkin karena kurangnya peralatan, jd kurang maksimal (karena belum ada apliksi khususnya).

Tentang Arif

just me.. :)
Pos ini dipublikasikan di Pengetahuan dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s