Tips Memilih Sepeda Lipat

Saya ingin sharing sedikit mengenai cara-cara memilih seli berdasarkan pengalaman ketika akan membeli sepeda lipat (Seli).

Menurut saya yang harus dilihat antara lain:

1. kwalitas lipetan (engsel dan pengaman), pastikan lipetannya bagus dan aman, karena akan sangat fatal jika pengaman lipetan terlepas saat gowes. beberapa merk sudah membeli lisensi DLT (D*hon Licensed Technology), artinya lipetannya sama dengan cara lipetan yang dikeluarkan Dah*n. Contohnya saja seli edisi b2w baik yang 16″ maupun yang 20″ (jadi dijamin lebih bagus dan aman). Namun, beberapa merk sepeda lipat memiliki cara lipetan yang berbeda lho.. misalkan br*mpton.

2. Beberapa seli diperuntukkan untuk anak-anak, sehingga tidak cocok untuk orang dewasa, misalkan saja seat post terlalu pendek sehingga kaki tidak bisa lurus ketika mengenjot pedal (bisa dimodifikasi dengan mengganti seatpost dengan yang lebih tinggi) atau jarak antara sadel dengan handlebar terlalu dekat, sehingga dengkul mentok ke handlebar (Setang). Cara paling pas untuk mengetahuinya, coba ditunggangi dan digenjot aja. atau besar Gear depan yang kecil (jumlah gear hanya 36, karena untuk anak2) kalau ini terjadi, pastinya gowes akan lebih cape. Seli untuk dewasa biasanya menggunakan gear depan yang besar dengan jumlah gear antara 48-54.

4. selain itu, perhatikan juga penggunaannya, jika akan lebih sering digendong (dimasukkan ke bis/kereta) maka seli 16 inch bisa jadi pilihan, tapi kalo akan lebi sering gowes jauh, maka sebaiknya pilih yang 20inch.

5. material, ada banyak pilihan (magnesium, aluminum alloy, hi-ten steel). Namun yang banyak dipakai, baik itu alumunium maupun hi-ten steel. untuk hi-ten pastinya akan lebih berat dibanding yang aluminum. konsekwensinya kalau mengangkat pada posisi terlipat akan lebih berat. selain itu, material alumunimum juga tahan karat.

Iklan

Tentang Arif

just me.. :)
Pos ini dipublikasikan di Berbagi, Pengetahuan dan tag , , . Tandai permalink.

9 Balasan ke Tips Memilih Sepeda Lipat

  1. Arya Ramaniya berkata:

    Katanya ada yg model dikasih tas? Jd bisa dimasukin tas kalo naik kereta?…

  2. anisa berkata:

    Berguna bgt infonya,kbetulan lg cari sepeda lpt anak.
    Minta saran mas,klo utk anak umur 9th berat bdn 34kg,tinggi 130cm,sebaiknya spda ukurn brp?
    Mau cari yg ekonomis aja,merk phoenik jelek gak ya…?atau ada saran merk lain yg hrgnya gak mahal.

  3. anisa berkata:

    Saya terpaksa beli ukuran 16″ krn suami memaksa,pdhl kelihatan kecil di pake anak saya.
    Bener gak mas…seli bisa diganti ukuran ban yg lbh besar,misal seli 16″ diganti ban 20″.

    • Arif berkata:

      Yg penting anaknya suka mba.. klo merubah ukuran ban, kayanya gak bisa mba.. karena ban akan mentok ke pedal.. pernah juga ada temen b2w yg mengubah dari 16 ke 18 inch, tapi akhirnya dikembalikan lagi ke 16 inch, karena roda jadi gak stabil, jadi malah bahaya (gak sesuai desain awal).

  4. yusuf berkata:

    terima kasih informasinya. pertanyaan saya, untuk orang dewasa sebaiknya memilih sepeda lipat yang ukuran berapa ya? untuk penggunaan jarak pendek dan sedang. terima kasih..

    • Arif berkata:

      kalau untuk jarak sedang, sebaiknya pakai seli ukuran 20 inch. kalau pakai seli 16 inchi lumayan cape gowesnya.. tapi kalau cari kepraktisannya, misalkan sering naik commuter line, lebih baik yang 16 inchi. Tapi semua kembali ke selera masing-masing. Makanya lebih baik coba dua-duanya, biar bisa pilih mana yang lebih cocok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s