Harus Dipertimbangkan sebelum Memutuskan untuk Jadi PNS

Agustus 2014, Pemerintah kembali membuka rekrutmen PNS secara besar-besaran. Sekitar 100.000 formasi dibuka. Yang terbanyak adalah di Kementrian Keuangan, yang membuka formasi hingga 9000 formasi.

Buat temen-temen yang ingin mencoba menjadi PNS, ada beberapa hal yang menurut saya perlu dipertimbangkan masak-masak, terutama buat yang sudah merasa nyaman bekerja di swasta (tapi kalau nyaman, ngapain keluar yah? 🙂 )

Berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan :

  1. Lokasi penempatan kerja beberapa instansi adalah di seluruh Indonesia. Jadi, siap-siap aja untuk jauh dari keluarga. Kecuali mendaftar di Pemda, yang pastinya ditempatkan di lokasi pemda tersebut berada.
  2. Jadi PNS artinya siap untuk mengabdi pada negara, 3 bulan pertama biasanya tidak menerima gaji sama sekali, karena birokrasi (semoga tidak terjadi pada rekrutmen tahun ini).
  3. Siap-siap berhadapan dengan birokrasi dan tata laksana yang kadang bikin kita gak habis pikir. misalnya, kalau dulu selama saya kerja di swasta, untuk hadir meeting di luar kantor, cukup lapor ke atasan, bahkan cukup dengan sms. Kalau sekarang, harus menunggu surat dinas, kalau tanpa surat dinas, siap-siap absen dianggap tidak hadir, akibatnya tunjangan kinerja menjadi berkurang, bahkan hangus.
  4. PNS-PNS senior biasanya merupakan didikan orde baru. Ada cukup banyak orang yang masih suka dengan masa-masa indah PNS di era Orde Baru. Semua harus taat kepada atasan.
  5. Ritme kerja di Swasta biasanya sangat cepat dan banyak serta penuh target. Jika pindah ke PNS, ritme kerja ini berubah menjadi sangat lambat. Kadang sampai bingung mau mengerjakan apa lagi, karena kerjaan saya sudah selesai sebelum waktunya.
  6. Siap-siap untuk kerja tanpa bayaran lembur, walaupun pekerjaan itu dilakukan hingga larut malam.. namanya juga abdi negara.. 🙂

Kayanya itu dulu, untuk sementara.. saran saya jangan dianggap kerja di PNS itu santai yah. karena semua tergantung mindset kita.. Saran saya, tetap lakukan hal-hal positif yang biasa dilakukan di perusahaan swasta.

Tangerang Selatan, 28 Agustus 2014

Iklan

Tentang Arif

just me.. :)
Pos ini dipublikasikan di Pengetahuan dan tag , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Harus Dipertimbangkan sebelum Memutuskan untuk Jadi PNS

  1. chanepyon berkata:

    Halo Mas Arif,

    Salam kenal ya. I feel you! hahahaha. Saya juga sebelumnya kerja di bank asing dan sekarang menjadi cpns di BKPM. Baru sebulan ini masuk dan merasakan 6 poin di atas. hehehe. Dinikmati aja karena semua pasti ada plus dan minusnya. Makasih buat info2 tentang peralihan dari pegawai swasta menjadi cpns/pns-nya ya.
    Sukses terus 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s